BMKG Minta Warga Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Sulut

Warga diingatkan agar mewaspadai tinggi gelombang 2,5 mtr. yang berpeluang terjadi di lebih dari satu lokasi perairan Sulut dan sekitarnya. Hal ini disampaikan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi sampai 13 Maret 2024,” kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung Ricky D Aror pada, Minggu (10/3/2024).

Dia menjelaskan pola angin dominan bergerak dari utara-timur dengan kecepatan berkisar antara 6-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi berpotensi terjadi di Laut Sulawesi anggota timur dan spaceman slot juga perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Kecepatan angin itu dapat memicu terjadinya peningkatan tinggi gelombang di lokasi berikut dan sekitarnya,” ujarnya.

Dia mengatakan, menjelaskan tinggi gelombang antara 1,25-2,5 mtr. (sedang) berpeluang terjadi di Laut Sulawesi, perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Tinggi gelombang layaknya itu terhitung diperkirakan terjadi di perairan timur Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), perairan Bitung-Likupang, dan Laut Maluku.

“Kami meminta warga yang laksanakan kegiatan di wilayah-wilayah perairan dengan tinggi gelombang antara 1,25-2,5 mtr. agar waspada dan memperhatikan keselamatan pelayaran,” ujarnya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *