Botika Integrasikan Chatbot dengan Teknologi GPT-3 dari OpenAI

Botika Integrasikan Chatbot dengan Teknologi GPT-3 dari OpenAI
Botika Integrasikan Chatbot dengan Teknologi GPT-3 dari OpenAI

Botika menjadi developer pertama yang berhasil mengintegrasikan teknologi chatbot dengan GPT-3 dari OpenAI. Teknologi ini memungkinkan chatbot memahami konteks dalam percakapan sehingga meningkatkan kemampuan komunikasinya seperti manusia.

Menurut Founder dan CEO Botika, Ditto Anindita, teknologi GPT-3 memiliki kelebihan dalam berinteraksi tetapi masih memiliki keterbatasan dalam menjawab pertanyaan yang bersifat khusus atau knowledge base. “Oleh karena itu, Botika melakukan tahap pengembangan lanjutan yang disebut Fine-Tuning,” ujar Ditto seperti dikutip Antara.

Pada tahap Fine-Tuning, Botika menggunakan teknologi rule-based, NLP Intent Classification, dan teknologi GPT3 dari OpenAI untuk membuat chatbot yang lebih pintar dan akurat. Chatbot yang diberi nama LUNA ini dapat memberikan solusi terbaik dalam percakapan bisnis antara perusahaan dan pelanggan serta dapat memahami bahasa manusia dengan lebih baik.

Dengan keberhasilan mengkombinasikan teknologi tersebut, Eri Kuncoro selaku Co-Founder dan CMO Botika menyatakan bahwa Botika sudah siap melayani perusahaan untuk mengganti chatbot dan mengintegrasikan teknologi Botika rule-based dan NLP Intent Classification dengan teknologi GPT-3 dari OpenAI melalui layanan Software As A Service (SAAS).

Eri menyebut layanan ini sebagai Super Chatbot karena asisten virtual ini menjadi lebih pintar, natural, dapat memahami alur percakapan, mengingat percakapan sebelumnya, dan mengetahui informasi layanan perusahaan lewat dataset yang ditanamkan sebelumnya.

Perkembangan kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI) ini tak lepas dari peran serta dari Microsoft Azure OpenAI Service karena melalui layanan tersebut kolaborasi teknologi ini bisa terwujud dan diharapkan membawa perubahan signifikan dalam dunia bisnis.

Co-Founder dan CBD Botika Galuh K Sadewo menyatakan, “Dengan kemudahan berkomunikasi menggunakan chatbot ini akan semakin membuat banyak terobosan bisnis dan solusi bisnis yang dihadirkan melalui chatbot. Dengan demikian, solusi dan kepuasan pelanggan akan menjadi hal penting untuk mengiringi keberhasilan perusahaan.”

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *