Gus Samsudin Tersangka, Polisi: Ia Bikin Konten Tukar Pasangan untuk Jaring Banyak Subscribe

Penyidik Subirektorat V/ Siber Direktorat slot server jepang Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur dan penyidik Polres Blitar Kabupaten menghindar Samsudin, lelaki yang menghebohkan dikarenakan mengunggah konten pindah pasangan di YouTube. Polisi menilai ulah Samsudin meresahkan masyarakat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Timur Komisaris Besar Dirmanto mengatakan konstruksi perkara penyebaran konten pindah pasangan telah didapat oleh penyidik. Setelah dilakukan gelar perkara pada Jumat siang, 1 Maret 2024, Samsudin selaku pembuat skenario video itu langsung ditetapkan tersangka dan ditahan.

“Dari hasil gelar perkara, Samsudin ditetapkan sebagai tersangka dan lantas ditahan di tempat tinggal tahanan negara Polda Jatim,” kata Dirmanto didalam keterangannya di Polda Jawa Timur, Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Pria yang akrab disapa Gus Samsudin tersebut dijerat bersama dengan Pasal 28 ayat 2 dan ayat 3 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Penyidik menilai Samsudin telah menyebarkan informasi yang meresahkan masyarakat. Hal itu diperkuat oleh info 13 saksi yang telah diperiksa penyidik.

Kasubdit V Direskrimsus Polda Jawa Timur Ajun Komisaris Besar Charles Tampubolon menyebutkan penyidik membidik dua calon tersangka lain. Namun peran keduanya masih didalami. “Mereka menolong Samsudin membawa dampak konten pindah pasangan itu dan meng-upload,” katanya.

Charles berujar durasi video tersebut memang sekitar 30 menit. Samsudin membawa dampak konten itu pada pertengahan Februari 2024 lalu. “Dengan menbuat konten itu dia menghendaki bisa subscribe yang banyak di Youtubernya,” ujar Charles.

Penyidik, menurut Charles, masih dapat minta penjelasan pada pakar agama ihwal unsur penistaan agama oleh Samsudin didalam tayangan itu. Meski pihak Samsudin telah membawa dampak disclaimer bahwa konten itu fiksi belaka dan juga diedarkan tidak utuh di tempat sosial, tapi polisi menilai bahwa unggahan video tersebut telah meresahkan masyarakat. “Meskipun fiksi, sandiwara, tapi senantiasa tidak boleh dikarenakan dampaknya penduduk jadi resah,” kata Charles.

Samsudin membawa dampak heboh bersama dengan konten video berkenaan pindah pasangan suami istri. Dalam video terlihat ada lelaki yang mengenakan pakaian layaknya kiai lengkap bersama dengan sorban dan perempuan bercadar. Di situ, si lelaki mengatakan boleh hukumnya pasangan suami istri bertukar pasangan. Syaratnya, kalau satu serupa lain terdapat rasa saling suka.

Polda Jawa Timur menghindar Samsudin dikarenakan diakui berbelit-belit saat ditanya sistem pembuatan video itu. Menurut Dirmanto, awalannya Samsudin mengaku pembuatan video itu dilakukan di Bogor, Jawa Barat. Namun sesudah diperiksa ulang, Samsudin mengubah keterangannya bahwa pembuatan konten itu dilakukan di Ponggok, Kabupaten Blitar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *